Header Ads

ad728
  • Berita Terbaru

    SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PAUD KASIH IBU DESA BARU. SAAT INI KAMI MASIH MENGGUNAKAN BLOG UNTUK WEBSITE KAMI. SELANJUTNYA AKAN KAMI KEMBANGKAN MENJADI LEBIH BAIK

    Cara Mengajar Anak Paud Secara Menyenangkan



    Bagi sang guru, bukanlah hal yang mudah untuk mengajar anak-anak PAUD. Karakter anak-anak PAUD yang unik dan aktif akan memberikan tantangan tersendiri bagi sang guru. Jika tidak menerapkan metode belajar yang menyenangkan maka akan sulit bagi sang guru untuk mengajar anak-anak PAUD.
    Dibutuhkan cara khusus untuk mengajar anak-anak PAUD. Inilah dia 10 cara mengajar anak PAUD yang efektif dan menyenangkan:
    1. Belajar Lewat Permainan
    Anak-anak usia PAUD memiliki ketertarikan untuk bermain. Ajak anak-anak PAUD untuk belajar lewat permainan yang menyenangkan bagi mereka.
    2. Belajar sambil Bernyanyi
    Ajak anak-anak PAUD untuk belajar lewat nyanyian. Akan jauh lebih mudah bagi anak PAUD untuk mempelajari suatu hal lewat sebuah lagu. Ciptakan lagu-lagu yang liriknya mengandung nilai positif untuk diajarkan kepada anak.
    3. Dekatkan dengan Alam
    Akan sangat membosankan bagi anak-anak jika mereka harus belajar di dalam ruangan. Ajak anak untuk belajar di luar ruangan atau di alam bebas. Hal ini juga akan membantu anak untuk berinteraksi dengan lingkungan.
    4. Belajar Berkelompok
    Sedini mungkin anak harus diajarkan untuk bersosialisasi dengan teman-teman seusianya. Biasakan untuk mengajak anak belajar bersama dengan teman-teman. Cara ini akan membuat anak-anak lebih bersemangat untuk belajar.
    5. Alat Peraga
    Anak-anak PAUD tentu saja akan kesulitan memahami sesuatu jika hanya diberikan secara lisan. Akan jauh lebih mudah bagi mereka untuk belajar jika sang guru menggunakan alat peraga yang menarik perhatian anak-anak.
    6. Diulang-ulang
    Anak-anak memiliki daya ingat yang luar biasa jika kita memberikan rangsangan yang tepat salah satunya dengan cara diulang-ulang. Jangan bosan untuk terus mengulang sesuatu yang ingin diajarkan kepada anak.
    7. Bermain Warna
    Anak usia PAUD sedang sangat peka terhadap rangsangan beragam jenis warna. Gunakan media yang memainkan warna-warna cerah agar anak-anak lebih tertarik untuk belajar.
    8. Berikan Contoh Langsung
    Anak PAUD mudah memahami sesuatu ketika mereka melihat secara langsung. Misalnya, jika ingin mengajarkan anak untuk berdoa sebelum makan maka Kamu sebagai guru perlu melakukannya secara langsung dan diulang-ulang agar anak mengingatnya dengan baik.
    9. Ikuti Suasana Hati Anak
    Jangan memaksakan metode belajar kepada anak PAUD. Sebagai guru, Kamu bisa meminta anak-anak untuk menentukan sendiri gaya belajar seperti apa yang ingin mereka lakukan sesuai dengan suasana hati mereka.
    10. Selalu Berikan Hadiah
    Anak usia PAUD senang menerima hadiah. Jadi, siapkan hadiah-hadiah kecil untuk mereka agar mereka semakin semangat untuk belajar.
    Itulah tadi 10 cara mengajar anak PAUD yang efektif dan menyenangkan. Jangan lupa juga untuk memperhatikan karakter masing-masing anak agar mereka bisa belajar dengan nyaman sesuai karakter mereka.

    Tidak ada komentar